Sabtu, 16 Oktober 2010

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT BAPTIS BATU

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan yang meliputi variabel bukti fisik, andalan, energi mendengarkan dengan cermat, perhatian dan jaminan, dan juga untuk mengetahui kualitas pelayanan yang meliputi variabel bukti fisik, andalan, energi mendengarkan dengan cermat, dan jaminan memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pasien di rumah Sakit Baptislah Stone.
Jenis penelitian penelitian survey, mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai data dasar pengumpulan. Pelaksanaan penelitian di kota Batu tepatnya di rumah Sakit Baptis yang terletak di Jalan Raya Tlekung No 1 Batu dengan nilai dari dirinya sebanyak 100 orang responden. perusahaan Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara, kemudian data dianalisis dengan metode analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas kualitas layanan untuk kepuasan pelanggan variabel terikat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien RS Baptislah Stone dimana nilai F hitung sebesar (96.082) dan nilai P = 0,000. Its Arti hipotesis dalam penelitian ini terbukti dan diterima. Sedangkan hasil pengujian korelasi dalam memperoleh nilai korelasi sebesar 0.911. artinya bahwa kekuatan cukup korelasi koefisien.
Sumbangan efektif variabel [kualitas pelayanan diperoleh nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0.836 yang [makna] kemampuan persamaan regresi dalam memprediksi nilai [variabel terikat adalah] 83,6%. Nilai koefisien determinasi sebesar 83,6% termasuk kekuatan yang cukup, maka variabel bebas menentukan variabel terikat sebesar 83,6%. Dengan demikian bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki kontribusi signifikan terhadap variabel kepuasan pasien RS Baptislah Batu sebesar 83,6%. Sisanya 16,4% dijelaskan oleh variabel lain yang [tidak] tidak dimasukkan ke dalam model persamaan
Sedangkan dari hasil pengujian uji t untuk melihat pengaruh variabel variabel kepuasan yang paling dominan pasien diketahui bahwa nilai uji t [at] indikator jaminan (X4) memiliki nilai terbesar t (5.461, P = 0,000) artinya bahwa variabel ini menjamin merupakan variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien.

http://student-research.umm.ac.id/index.php/dept_of_management/article/view/3374

Tidak ada komentar:

Posting Komentar